Hari ini, secara resmi aku sudah bukan maba lagi. 🙁

Loh, kok bisa? Yaaaah karena pukul 2 siang tadi, hasil SNMPTN 2017 sudah diumumkan di laman resmi SNMPTN.

Dengan diumumkannya hasil seleksi, seratus ribu siswa kelas 12 akhirnya bisa bernapas lega… sementara sisanya hanya bisa menangisi layar desktop, tawakal, dan kembali membuka buku latihan soal SBMPTN.

Momen pengumuman SNMPTN ini bikin aku teringat pada tahun lalu, ketika aku masih stuck di zaman kegelapan alias semester 2 kelas 12 SMA. Saat itu pertengahan Mei 2016, pengumuman SNMPTN sudah di depan mata. Aku harap-harap cemas sambil merefresh browser untuk kesekian kalinya. Sebenarnya aku gak punya ekspektasi bakalan keterima lewat jalur ini karena prestasiku di sekolah biasa aja, tapi karena namaku udah terlanjur masuk dalam sistem, ya sudah aku berdoa aja. Kali aja hoki, hehehe. Saat itu pilihan pertamaku Ilmu Komunikasi UI, pilihan keduanya Sastra Inggris UI.

Singkat cerita, jarum jam sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Dengan penuh semangat dan jantung berdebar-debar, aku membuka kembali laman resmi SNMPTN dan segera login. Klik!

Loading…

Lemot banget dah.

Gara2 diakses calon maba se-Nusantara sih.

Mana nih…

Jreng!!!

Hasil seleksi sudah muncul.

Bagaimana hasilnya?!?!

*drumroll*

 

MERAH.

ANDA TIDAK LOLOS JALUR SNMPTN 2016.

Aku lupa pernyataan aslinya gimana, kurang lebih ya kayak gitu.

Di saat itulah aku merasa bersedih. Gak cuma itu, aku pun jealous sama yang udah share stiker happy dan tulisan alhamdulillah di Line, yang udah komen jurusan dan univ masing2 di grup kelas… enaknya gak perlu was2 lagi nungguin pengumuman “tempat tinggal” baru. Walaupun udah disemangatin ortu, tetep aja… ditolak univ idaman itu sakit bruh.

Untung masih ada jalur tes tertulis seperti SBMPTN dan UM. Perjuanganku belum selesai! Setelah hiruk pikuk SNMPTN berakhir, aku kembali belajar otodidak melalui buku latihan soal dan simulasi SBMPTN serentak yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Tak lupa aku mendaftar SBMPTN dan UTUL ketika waktu pendaftaran telah dibuka.

And the rest is history… nanti aja pas lagi rame2 SBMPTN dan UTUL.

Anyway, selamat menempuh hidup baru bagi para maba! Semoga betah di jurusan dan universitas yang telah menerimamu dengan tidak apa adanya…